Daftar Harga Mobil Toyota dan Sales Auto 2000

Jl. Raya Kenjeran No. 522 – 524, Kalijudan, Jawa Timur 60121, Indonesia

Menu

16 Tips Membeli Mobil Bekas di Showroom

Rabu, 21 September 2016.

tips membeli mobil bekas

1. Cari informasi mobil bekas baik online maupun offline

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari informasi tentang mobil bekas, baik secara online maupun offline. Online maksudnya adalah dengan mencari melalui mesin pencari, karena banyak situs jual beli mobil bekas yang menyediakan informasi berbagai merk, harga, tahun dan spesifikasinya. Bisa juga untuk langkah awal anda bergabung dengan grup facebook atau forum komunitas mobil dan meminta saran dari para member.

Sedangkan offline dengan cara membaca majalah otomotif atau berdiskusi dengan mekanik atau teman yang paham tentang mobil juga bisa menjadi bagian dari riset. Cari tahu perkiraan harga, tahun, dan spesifikasi mobil yang Anda inginkan.

Catat dan pelajari informasi tersebut sehingga memudahkan Anda saat melihat mobil secara langsung. Pengetahuan ini dapat membantu Anda mengambil keputusan yang tepat untuk memilih mobil bekas berkualitas.

2. Mobil bekas murah belum tentu murahan

Saat ini banyak iklan di media yang menawarkan mobil bekas dengan harga yang murah. Sebaiknya jangan tergiur dengan harga-harga miring yang ditawarkan. Sebagian besar iklan di koran hasilnya mengecewakan. Artinya, anda harus cermat menggali informasi mengumpulkan data yang tentu saja sesuai dengan dana yang anda alokasikan, murah belum tentu tidak berkualitas namun sedikit lebih mahal juga tak menjamin mempunyai kualitas lebih dari yang murah.

3. Membeli dari penjual mobil bekas terpercaya

Disini maksudnya adalah membeli mobil ditempat atau showroom yang sudah dikenal namanya dan memiliki reputasi yang baik, cari juga informasi tentang showroom tersebut, baik online maupun offline jika memungkinkan, jangan membeli mobil bekas di sembarang tempat. Atau apabila anda tidak punya banyak waktu untuk menggali lebih lagi, belilah di tempat penjualan yang memang sudah memiliki brand. Tempat yang sudah memiliki brand (nama) akan berusaha menjaga nama baiknya sehingga mereka tidak ingin dikomplain pembeli. Tempat yang bisa dipercaya juga biasanya berani memberikan jaminan, bahkan hingga 100 persen uang kembali jika mobil dibeli ternyata cacat. Mereka juga tidak sembarangan suplay mobil untuk dijual. Biasanya mereka suplay dari perusahaan-perusahaan produsen mobil yang sudah besar.

Kini ada banyak tempat yang membuka penjualan mobil bekas dengan segala penawarannya, tak cuma penawaran dalam bentuk harga yang miring namun juga penawaran dalam hal jaminan kualitas mobil dan garansi, tapi memang bila dibandingkan dengan penjual yang punya brand, membeli dari yang tanpa brand lebih beresiko, akan tetapi tak semua mempunyai kualitas mobil bekas yang rendah, banyak juga yang memang merintis bisnis jual beli mobil dengan memperhatikan kepuasan pelanggan dan kualitas mobil. Anda juga bisa membelinya langsung dari orang yang memang sedang ingin menjualnya secara langsung. Membeli ke showroom memang akan membuat Anda mendapatkan banyak pilihan, namun Anda harus tahu bahwa membeli lewat showroom pastinya membuat biaya pembelian lebih besar dibanding jika Anda membelinya langsung dari orang pertama.

Membeli mobil bekas melalui perantara juga akan membuat pembelian Anda menjadi lebih mahal. Membeli mobil dari tangan pertama akan membuat Anda lebih mengerti kondisi perawatan dari mobil, apalagi jika orang yang menjualnya adalah orang yang Anda kenal. Maka dari itu memperhatikan tempat Anda membeli mobil merupakan hal penting yang perlu Anda cermati.

4. Jangan “baper” dalam membeli mobil bekas

Seorang pembeli mobil sebaiknya tidak “baper” alias bawa perasaan, karena kalau bawa perasaan, maka sisi emosional anda yang akan dominan. Sisi emosional ini semisal anda tertarik dan jatuh cinta pada mobil ketika anda pertama kali melihatnya di tempat anda membeli, terlihat cantik, indah atau bagus luarnya, nah kalau sudah begitu, penilaian anda terhadap mobil tersebut menjadi tidak objektif, bahkan biaya yang sudah anda alokasikan bisa jadi fleksibel kearah yang lebih tidak ekonomis, dan kualitas jadi nomor sekian, hal ini akan merepotkan anda sendiri apabila dikemudian hari ternyata bermasalah, atau bahkan bermasalah ketika anda bawa pulang. Ada baiknya anda tahan dulu atau menunda untuk membelinya ketika pertama anda melihat dan memeriksa mobilnya, tahan dulu barang satu atau dua hari, diskusikan dengan teman anda yang paham mobil, diskusikan juga dengan orang terdekat anda semisal istri anda, dan jangan lupa untuk memikirkan ulang tentang harga yang ditawarkan.

5. Beli dari Orang Pertama

Orang pertama adalah pemilik mobil tersebut. Daripada membeli mobil bekas dari dealer, showroom atau makelar, sebaiknya Anda mencari mobil yang dijual oleh pemiliknya.

Keuntungan ekstra yang anda dapatkan dari pembelian dari orang pertama adalah anda tahu sejarah pemakaian mobil, latar belakang mobil dan mungkin alasan mengapa mobil tersebut dijual, namun kembali lagi pada “kepercayaan” anda pada pemilik mobil, apakah orang tersebut bisa dipercaya atau tidak. Biasanya orang yang bisa dipercaya adalah sahabat atau teman dekat anda, atau orang yang anda kenal selama bertahun-tahun, tapi memang hal ini tak menjamin kejujuran mereka karena ini berkaitan dengan keuntungan dalam perdagangan, nah ada beberapa trik dalam mengetahui lawan bicara anda sedang berbohong atau tidak, dari kacamata psikologis melalui ekspresi, pandangan mata dan gestur, ketika anda ajak berbicara, silahkan browsing ciri-ciri orang berbohong menurut psikologi. (karena sedikit melebarkan topik bila saya ulas disini)

Keuntungan lain, membeli langsung dari pemiliknya akan membuat harga menjadi lebih murah, karena tidak ada pembagian keuntungan kepada pihak lain seperti showroom atau makelar.

6. Tanyakan latar belakang atau sejarah mobil

Seperti yang saya singgung diatas, bahwa latar belakang mobil adalah hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan membeli sebuah mobil bekas. Namun mungkin hal ini bisa anda lakukan bila membeli dari pihak pertama.

Pertanyaan-pertanyaan meliputi:

Kapan Anda membeli mobil ini?
Seberapa sering Anda mengendarai mobil ini? Ke mana saja?
Ke mana rute terjauh yang pernah ditempuh?
Selain Anda, siapa yang sering menggunakan mobil ini?
Apakah mobil ini pernah mengalami kecelakaan?
Berapa kali dalam setahun Anda melakukan service?
Apakah spare part tertentu pernah diganti? Kapan dan mengapa?
Mengapa Anda menjual mobil ini?

Dan ketika anda mengajukan pertanyaan diatas, cermati cara menjawabnya, apakah ia sedang berbohong atau tidak melalui referensi ciri-ciri ketika orang sedang berbohong yang telah anda pelajari.

7. Teliti kondisi bodi

Cobalah untuk meminta ijin kepada pemilik mobil untuk langsung memerika body mobilnya, mungkin anda akan segera mendapatkan kejujuran sang pemilik.

Perhatikan kondisi cat mobil, apakah masih mulus atau ada titik-titik karat, goresan, penyok, atau bekas tambalan. Perhatikan setiap detail bodi mobil tersebut, dari depan sampai belakang, dari atas sampai bawah, dari kanan ke kiri.

Perhatikan pula plafon (bagian atas mobil). Plafon yang masih bagus adalah yang masih tebal karena akan melindungi suhu udara di dalam mobil terutama pada siang hari.

Selain itu, perhatikan keempat ban, apakah masih bagus atau sudah mulai aus. Jika ada yang menipis, tentu Anda harus mengeluarkan uang lagi untuk menggantinya.

Perhatikan bagian-bagian bodi mobil yang mungkin sudah diganti. Caranya bisa dengan mengecek di Google kondisi mobil baru tersebut. Lalu bandingkan dengan mobil bekas yang dijual. Cek mulai dari bagian dalam dan luar mobil. Misalnya pintu mobil apakah pernah diganti, pastikan lebar nat antara pintu dan kusen sama lebar di sekeliling pintu. Bila beda, boleh jadi itu pernah tabrakan atau patah.

8. Periksa bagian bawah mobil

Jika memungkinkan, lakukan di bengkel yang mempunyai alat untuk mengangkat mobil. Melihat bagian bawah mobil bisa membantu Anda menentukan kondisi mobil. Bagian bawah mobil biasanya berkarat, jika Anda menemukan tambalan, Anda perlu curiga bisa jadi itu untuk menutupi bekas kerusakan tertentu.

9. Periksa mesin Mobil

Setelah Anda puas melihat-lihat bagian luar mobil, saatnya Anda memeriksa mesin mobil. Tentu langkah ini yang menjadi bagian tersulit apabila Anda belum paham tentang otomotif dan properti utama yang seharusnya ada di dalam mobil. Jika Anda merasa ragu, mintalah seorang mekanik atau teman yang mengerti untuk membantu Anda memeriksa mesin mobil.

Bila anda melakukan sendiri, periksalah bagian dalam kap mesin seperti selang-selang dan pastikan semua bebas dari kebocoran dan korosi. Buka tutup oli mesin dan periksa apakah ada bekas buih yang menandakan kebocoran.

Setelah itu, angkat tongkat pengukur oli transmisi dan pastikan warna oli merah atau merah jambu serta oli dalam keadaan penuh.

Untuk mengecek kondisi mesin juga dibutuhkan kemampuan teknikal yang mumpuni. Mobil yang bekas banjir biasanya suaranya lebih keras dari mobil normal.

Jangan tertipu dengan tampilan mesin yang mengkilap. Pencucian mesin biasanya untuk menutupi kebocoran pada mesin. Namun, cipratan air dan oli bisa menunjukkan bahwa mesin bekerja tidak sempurna. Setelah melakukan test drive, lihat lagi pada sil-sil karet. Selain itu, kerusakan atau goresan pada mur sambungan menjadi tanda kalau mesin itu pernah adanya reparasi besar pada waktu yang lalu.

10. Periksa bagian dalam mobil

Setelah memeriksa bodi dan mesin, masuklah ke dalam mobil. Periksa jok dan sarungnya. Nyalakan mesin mobil dan nyalakan AC untuk mengetahui apakah masih berfungsi dengan baik.

Kemudian periksa odometer untuk melihat jarak tempuh. Kondisi mobil yang baik adalah memiliki jarak tempuh yang normal, tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Pada kondisi normal, seorang pengemudi rata-rata akan menempuh jarak 16.000 hingga 24.000 Km dalam setahun. Apabila tahun pembelian mobil adalah 2012 dan saat ini adalah tahun 2017, maka bisa diasumsikan mobil telah dipakai selama 5 tahun, bila pemakaian normal odometer akan menunjukkan angka 80.000km sampai dengan 120.000km, tidak jauh-jauh dari angka tersebut.

Hal lain yang harus Anda lakukan adalah memastikan semua lampu berfungsi sebagaimana mestinya, termasuk perlengkapan lain seperti radio, CD, TV, sensor dan kamera parkir (jika ada).

11. Periksa karpet kaki

Alas kaki di dalam kabin mobil mungkin bisa dibersihkan dengan mudah, tapi ada baiknya Anda melihat bagian bawahnya, apakah lembap atau mungkin basah? Hal itu perlu dilakukan karena biasanya alas/karpet mobil yang basah dapat menyebabkan lubang pada bodi mobil, atau bahkan pernah ada karat yang kemudian dipoles. Jika hal tersebut terjadi maka akan fatal nantinya. Cek juga bagian bawah karpet lain seperti di bagasi.

12. Cek Pedal kaki

Jika Anda rasa kilometer bisa diakali – dan sudah sering dilakukan – coba lihat bagian pedal. Jika karetnya sudah sangat aus, kecurigaan Anda mungkin bisa jadi benar. Tanda pemakaian pada kursi dan stir mobil biasanya seiring dengan umur pemakaian mobil.

13. Lakukan Test Drive

Tips lain untuk memilih mobil bekas berkualitas adalah mencoba mengendarai mobil itu atau test drive. Dengan mengendarai mobil tersebut, akan memudahkan Anda memeriksa kenyamanan dan keadaan rem, yang menjadi salah satu komponen paling penting sebuah mobil.

Saat Anda mengerem pada kecepatan 50 Km/jam, seharusnya tidak ada getaran pada pedal rem atau terdengar bunyi mendecit. Jika ini terjadi, Anda sebaiknya mengurungkan niat membeli mobil ini, kecuali jika mendapat negosiasi harga yang sesuai, untuk biaya perbaikan rem.

14. Tanyakan perkakas mobil

Setelah melakukan pengecekan secara detail dan melakukan test drive, Anda dapat menanyakan peralatan atau perkakas (tool kit) seperti obeng dan kunci yang termasuk dalam penjualan mobil bekas tersebut.

Perkakas ini sangat berguna sebagai alat persediaan dalam keadaan darurat, misalnya mogok di tengah jalan.

Jika Anda mendapat perkakas tambahan tanpa menambah harga jual mobil, tentu ini akan sangat menghemat. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk membeli peralatan tersebut.

15. Tanyakan ada tidaknya asuransi mobil

Selanjutnya, Anda sebaiknya perhatikan asuransi mobil tersebut. Tentu akan menjadi nilai tambah buat Anda apabila mobil tersebut telah diasuransikan.

Mintalah si pemilik memperlihatkan kartu atau dokumen resmi yang menyatakan bahwa mobil tersebut diasuransikan.

16. Periksa kelengkapan surat kendaraan dan dokumen lain

Proses balik nama dapat dilakukan sepanjang dokumen dan surat juat beli lengkap.

Jadi, sebelum melakukan pembayaran, Anda harus melengkapi diri dengan surat dan dokumen jual-beli yang lengkap dan legal (bermaterai). Selain itu, mintalah fotocopy KTP penjual mobil sebagai arsip Anda.

Hal lain yang harus Anda lakukan adalah memeriksa segala kelengkapan surat kendaraan seperti Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Karena saat ini marak juga mobil bekas bodong alias mempunyai dokumen palsu, karena merupakan hasil mobil curian, jadi sebaiknya anda berhati-hati dengan memeriksakan foto kopi dokumen ke polda terdekat.

Periksa keaslian cap dan tanda tangan pengesahan BPKB dan STNK tersebut. Halaman pengesahan disertai dengan hologram yang dapat diperiksa dengan mudah di bawah sinar matahari.

Kemudian periksa Noka (Nomor Rangka) dan Nosi (Nomor Mesin) yang terletak di dalam kap mesin. Pastikan nomor-nomor tersebut sama dengan yang tertera di BPKB dan STNK.

Walaupun semua nomor telah sama, Anda sebaiknya tetap pergi ke kantor Samsat untuk mengetahui keaslian dokumen. Jika dokumen asli tidak dapat dibawa, Anda dapat meminta lembar fotokopian untuk diperiksa di kantor Samsat.

Mudah-mudahan sedikit pengetahuan saya bermanfaat bagi anda sebagai referensi dalam membeli mobil bekas. Namun tips membeli mobil bekas diatas mungkin tidak bisa diaplikasikan 100%, sehingga mungkin anda tidak mendapatkan kualitas seperti yang anda harapkan, saran saya adalah untuk sedikit menahan pembiayaan dan beralih membeli mobil baru dengan cara kredit, sebagai bahan tambahan anda bisa mengunjungi halaman daftar harga toyota untuk melihat sejauh mana harga mobil bekas dan harga kredit mobil baru.

Dikutip dari berbagai sumber.

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineWeChat

Mobil Terbaru

Info Pilihan Auto2000Jatim.com

Toyota Fortuner VRZ – SRZ – VNT – TRD Sportivo
Jumat 21 Juli 2017 | Info Toyota

Toyota Fortuner VRZ – SRZ – VNT – dan juga fortuner TRD Sportivo telah menjadi salah satu pesaing terkuat di kelas medium SUV di tanah…

Cara mudah memesan mobil uber
Senin 7 November 2016 | Info Toyota

Uber sekarang tampaknya menjadi fenomena selanjutnya dari maraknya jasa “antar”, meski ditengah pro dan kontra masyarakat akibat tidak sedikit yang “merasa” dirugikan dengan adanya terobosan…

Keuntungan supir uber dan cara mendaftar TERUPDATE 2018
Selasa 8 November 2016 | Info Toyota

Supir uber sepertinya menjadi peluang bisnis menjanjikan di Indonesia, karena kebutuhan masyarakat akan transportasi mobil semakin tinggi namun mereka akan berpikir seribu kali untuk membeli…